Tap This All You Need Here by Affiliated Shopee

Dua Pendekatan Strategi Digital Marketing Agar Efektif Sesuai Sasaran Audien


    Strategi digital marketing merupakan pendekatan ke customer atau calon customer dengan menggunakan digital yang kini sudah menjadi tuntutan dari perubahan zaman yang mengarah pada digitalisasi. Oleh karena itu agar tetap eksis harus adapatif dengan era saat ini dan perlu dipersiapkan dengan baik. Terlebih saat ini petani yang berusia hampir semua orang telah memiliki gadget mayoritas sudah menggunakan smartphone. Sehingga lebih praktis menggunakan digital marketing. Agar dalam digital marketing secara efektif sampai audien tujuan ada dua pendekatan strategi digital yang perlu ketahui dan dilakukan sebagai berikut;

1. Digital Marketing Funnel yang terdiri dari tiga macam,

Pertama, Top of Funnel bentuk marketing yang bertujuan untuk awarness (kesadaran) sehingga petani/calon pelangan mengerti produk kita. Alat atau tool yang digunakan berupa konten digital yang isi kontenya lebih mengutamakan kesadaran atau himbuan dengan mengonjolkan identitas produk (brand). 

Kedua, Midle of Funnel bentuk marketing yang bertujuan untuk penontok tertarik dan mempertimbangan membeli produk. Konten tersebut berisikan keunggulan produk dalam mengatasi permasalahan petani/calon pelangan sehingga tertarik mencobanya. 

Ketiga, Bottom of Funnel bentuk marketing untuk meningkatkan jumlah pembelian dengan mejadi pelangan tetap dan mereka merokomendasikan ke calon pelangan lainya atau jadi pembela produk. Konten ini berikan tentang kualitas dan suggesti product yang diulang-ulang sehingga pesan dalam konten tersebut masuk ke dalam pikiran alam bawah sadar (subconscious) mereka.

2. Digital Marketing Campaign yang tedapat tiga tipe yang digunakan;

Pertama, Always On Campaign bentuk marketing digital yang bertujuan untuk menjelaskan secara keseluruhan produk/perusahaan coba ditawarkan untuk membangun persepsi dan image yang baik. Bisa berupah flayer testimoni petani yang dipasang di media sosial perusahaan atau status wa tim marketing/agronomist yang terjadwal.

Kedua, Seasonal Campaign bentuk marketing digital yang memanfaat momentum yang banyak dibicarakan orang2/petani/pelangan, sehingga product/perusahaan bisa ikut terangkat dan jadi ketahui banyak orang. Konten ini bisa dibuat berdasarkan momen apa yang saat itu lagi hit atau viral, seperti buat flayer bertema hari tani indonesia, hari pangan nasional, hari bumi dst. Bisa juga konten yang dibuat ikut numpang viral tanaman yang lagi jadi pembicaraan orang banyak yang akan secara tidak langsung nama produk juga ikut terangkat.

Ketiga, Tactical Campaign bentuk marketing digital yang bertujuan untuk mengkomunikasikan tentang promosi, diskon, atau hadiah belanja produk yang hanya bersifat sementara namun memiliki kepentingan untuk menaikan penjualan produk. Konten ini bisa berupa promo akhir tahun, promo hadiah belanjaan tertentu, atau promoa belanja sekian free produk baru, dan lain sebagainya.

Post a Comment for "Dua Pendekatan Strategi Digital Marketing Agar Efektif Sesuai Sasaran Audien"